BAGAIMANA MASA DEPAN ISLAM DIMASA MENDATANG?

Selasa, 27 Maret 2012

contoh RPP kitabah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Jenjang : MI Al-Azhaar Bandung
Kelas/Semester : VI / 1
Pokok Bahasan : الأعمال اليومية
Sub Pokok Bahasan : Kitabah (Menulis)
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit (1 kali pertemuan)
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Metode Langsung (Direct Method)

A. Standar Kompetensi
Kitabah / Menulis (Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang kegiatan sehari-hari)

B. Kompetensi Dasar
1. Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang الأعمال اليومية
2. Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang الأعمال اليومية

C. Indikator :
1. Siswa dapat menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat)
2. Siswa dapat menulis kata-kata / kalimat-kalimat melalui imla' manqul
3. Siswa dapat menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang الأعمال اليومية
4. Siswa dapat membuat karangan sederhana tentang الأعمال اليومية

D. Materi Ajar :
Temaالأعمال اليومية dan menggunakan pola kalimat yang meliputi :
مبتدأ + خبر + جار و مجرور أو ظرف
فعل + فاعل + مفعول به

E. Kegiatan Pembelajaran:
1. Mendengarkan bacaan teks dari guru
2. Melafalkan kembali kalimat / mufradat yang dibacakan guru
3. Menulis kalimat / mufradat dengan tepat
4. Merangkum isi bacaan secara tulisan

F. Langkah-langkah Pembelajaran
no Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa Alokasi Waktu
1 Kegiatan Awal
1. Membuka kegiatan belajar dengan salam dan do’a
2. Memeriksa absensi siswa
3. Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa
4. Melakukan apersepsi dengan menanyakan pengalaman siswa dan menghubungkannya dengan materi yang akan dipelajari
Kegiatan Awal
1. Menjawab salam dan berdo’a bersama
2. Menjawab dan mengangkat tangan
3. Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
4. Mendengarkan dengan seksama. 15 menit
2 Kegiatan Inti
1. Menuliskan teks kepada siswa
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang diajarkan
3. Memberikan soal atau latihan Kegiatan Inti
1. Memperhatikan dengan seksama
2. Bertanya tentang hal yang belum dipahami terkait materi yang diajarkan
3. Mengerjakan soal atau latihan yang diberikan guru 55 menit
3 Kegiatan Akhir
1. melaksanakan refleksi dengan melibatkan siswa dalam merangkum materi
2. memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan tanggapan atau saran mengenai kegiatan belajar yang telah dilaksanakan
3. memerintahkan siswa untuk mempelajari materi berikutnya
4. menutup proses belajar mengajar dengan do’a dan salam Kegiatan Akhir
1. menyimpulkan materi yang telah dipelajari bersama guru
2. memberikan tanggapan dan saran
3. mempelajari materi berikutnya
4. membaca do’a dan salam bersama-sama. 10 menit



G. SUMBER, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
a. Buku Paket Bahasa Arab kelas VI dan LKS kelas VI
b. Modelling guru
c. Kertas manila
d. Papan tulis dan seperangkat alat tulis
e. Media audio visual

H. Penilaian:
Tes Tertulis
1. Sikap
Teknik/Bentuk: Pengamatan / Lembar Pengamatan (sikap siswa terhadap materi pelajaran, guru, dan proses pembelajaran selama kegiatan belajar berlangsung; kurang, cukup, baik, amat
baik)
Contoh Instrumen
No Nama Perhatian Keaktifan Rata-rata Nilai
1 Umi Nadhiroh 4 3 3,5 A
2 Khairul Ibad 4 4 4 A+
3 ...........


2. Pengetahuan dan Pemahaman Konsep (PPK)
Teknik/Bentuk:
- Tes
membuat karangan sederhana tentang الأعمال اليومية
Contoh Instrumen
Buatlah karangan tentang kegiatan sehari-hari kamu!
- Tugas Terstruktur / Jawaban Singkat (menyalin bunyi dan merangkai kata menjadi kalimat sempurna)



I. ANALISIS HASIL BELAJAR DAN PROGAM TINDAK LANJUT
1. Penugasan : PR
2. Tindak lanjut


J. Lampiran
1. Silabus


Mengetahui Tulungagung, 16 April 2010
Kepala MTs N Tulungagung Guru Bidang Studi Bahasa Arab



.......................................... ...............................................
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar