BAGAIMANA MASA DEPAN ISLAM DIMASA MENDATANG?

Selasa, 27 Maret 2012

contoh silabus micro teaching

Silabus

Nama Madrasah : MI
Kelas/Semester : IV/II
Mata Pelajaran : Bahasa Arab

Standar Kompetensi : 1. MENYIMAK/ISTIMA' (Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan paparan atau dialoq tentang alamat)

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1 2 3 4 5 6 7
1.1. Mengenal bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat) tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان • Angka 1-10
• Kata tanya ma dan aina.
• Dlomir muttasil mufrot.
• Mufrodat baru seperti:
واحد، اثنان، ثرثة، أربعة، خمسة، ستة، سبعة، ثمانية، تسعة، عشرة، صفرة، شارع، رقم، مل رقم، قريب • Mendengarkan pelafalan kosa kata baru .
• Drill pelafalan kosa kata.
• Melafalkan kosa kata atau kalimat yang didengar.
• Menyebutkan kembali kata atau kalimat yang didengar • Lisan 2 x 35’ • Model guru
• Buku Paket Bahasa Arab
1.2. Memahami makna kata, frase atau kalimat tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان • Angka 1-10
• Kata tanya ma dan aina.
• Dlomir muttasil mufrot.


• Mufrodat baru seperti:
واحد، اثنان، ثرثة، أربعة، خمسة، ستة، سبعة، ثمانية، تسعة، عشرة، صفرة، شارع، رقم، مل رقم، قريب • Tanya jawab tentang kata atau kalimat yang didengar.
• Mengungkapkan isi materi yang didengar.
• Menulis kata atau kalimat yang didengar. • Mengartikan kata atau kalimat dengan tepat dan benar.
• Mengungkapkan kembali isi wacana yang didengar.

• Menyalin atau menulis kembali kata-kata atau kalimat yang didengar. • Tulis 1 x 35’ • Model guru
• Buku Paket Bahasa Arab




Standar Kompetensi : 2. BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan informasi secara lisan berupa paparan atau dialoq tentang alamat)

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1 2 3 4 5 6 7
2.1. Melakukan dialog sederhana tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان • Angka 1-10
• Kata tanya aina.ma dan hal.
• Dlomir muttasil mufrot.
• Teks hiwar seperti
- السلام عليكم
+ وعليكم السلام
- ما اسمك ؟
+ اسمى أمينة
- ما عنوان بيتك ؟
+ بيتى فى شارع إمام بونجول 5 مالانج
- وأنت، أين بيتك ؟
+ بيتى فى شارع أغوس سالم 10 سورابايا


• Melafalkan materi hiwar dengan tepat dan benar secara klasikal.
• Melafalkan materi hiwar secara berpasangan.
• Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar.
• Menggunakan/ mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat.
• Lisan (praktik dialog)
1 x 35’ o Buku paket Bahasa Arab.
o Boneka
o Model guru






2.2. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان • Angka 1-10
• Kata tanya aina.ma dan hal
• Dlomir muttasil mufrot.
• Teks hiwar seperti
- السلام عليكم
+ وعليكم السلام
- ما اسمك ؟
+ اسمى أمينة
- ما عنوان بيتك ؟
+ بيتى فى شارع إمام بونجول 5 مالانج
- وأنت، أين بيتك ؟
+ بيتى فى شارع أغوس سالم 10 سورابايا
• Bertanya jawab dengan kelompoknya dengan menyebut nama dan alamat.
• Parktik percakapan tanpa teks secara berpasangan. • Bertanya dengan menggunakan kata tanya aina,ma dan hal.
• Menjawab pertanyaan dengan tepat.
• Mendemonstrasikan materi hiwar

• Lisan
• (praktik dialog)
1 x 35’ o Buku paket Bahasa Arab.
o Boneka
o Model guru













Standar Kompetensi : 3. MEMBACA/QIRA’AH (Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat)

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1 2 3 4 5 6 7
3.1. Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان • Angka 1-10
• Kata tanya aina.ma dan hal.
• Dlomir muttasil mufrot.
• Menirukan pelafalan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca.
• Membaca secara individu teks bacaan secara bergantian.
• Melafalakan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca. • Lisan




2 x 35’ • Buku paket Bahasa Arab.
• Model guru
3.2. Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان • Teks bacaan :
هذا بيتى
بيتى فى شارع باندونج رقم 7 سمارنج
وذلك اخى
بيته فى شارع إمام بونجول رقم 5 مالانج
• Mengartikan kosa kata baru yang terdapat dalam teks.
• Tanya jawab tentang isi bacaan.
• Menceriterakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri.
• Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam bacaan.
• Menjawab berbagai pertanyaan tentang isi bacaan.
• Membuat kesimpulan isi bacaan. • Tulis 2 x 35’ • Buku paket Bahasa Arab.
• Model guru


Standar Kompetensi : 4. MENULIS/KITABAH (Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang alamat)

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1 2 3 4 5 6 7
4.1. Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان • Angka 1-10
• Kata tanya aina.ma dan hal.
• Dlomir muttasil mufrot.
• Contoh khot :
بيته فى شارع إمام بونجول رقم 5 مالانج

o Menulis contoh khot
o Mengerjakan latihan soal yang diberikan guru dan dibawah supervisi guru.
o Membuat kalimat dengan menggunakan mufrodat yang telah dipelajari.
• Menyalin kalimat sesuai dengan contoh (khot)
• Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.
• Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf.
• Membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kosa kata baru dan pola kalimat telah dipelajari.
• Tulis 2 x 35’ • Buku paket Bahasa Arab.
• Model guru


Mengetahui, …….. , …………….
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



______________________ ____________________
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar