BAGAIMANA MASA DEPAN ISLAM DIMASA MENDATANG?

Selasa, 27 Maret 2012

PTK BERBASIS VISUAL (GAMBAR ) DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang perlu diperhatikan, dimana banyak faktor yang mempengaruhinya salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah guru. Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru.
Dalam suatu proses belajar mengajar, ada dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pengajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai, meskipun masih ada beberapa aspek lai yang perlu diperhatikan dalam memilih media, antara lain: tujuan pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pengajarn berlangsung. Dalam proses belajar mengajar ini ada salah satu fungsi media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengarui ,iklim, kondisi dan lingkungann belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran, disaamping guru dituntut mampu mengunakan alat-alat yang digunakan, guru dituntut juga mampu mengembangkan media pembelajaran yang akan digunakan, karena media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari prosese belajar mengajar, demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Penggunaan media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangankegiatan belajar. Penggunaan media pengajarn dala tahap orientasi pengajaran akan membantu keefektifan proses pembelajaran dab\n penyampaian pesan, isi pelajaran pasda saat itu.
Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam poroses belajar mengajar banyak sekali macamnya, salh satunya yaitu, media gambar, dimana media gambar representasi termasuk media visual yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber kepenerima pesan, dimana pesan dituangkan melalui lambang atau symbol komunikasi visual. Menurut Arief S Sadiman, (1986 ) simbol-simbol tersebut harus difahami benar agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : Apakah penggunaan media gambar representasi dalam pengajaran bahasa arab dapat mempermudah pemahaman siswa?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui apakah pengunaan media gambar representasi dapat memudahkan siswa, untuk menjalaskan penerapan media gambar representasi dalam pembelajaran bahasa arab, untruk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa dan mengajar bagi guru.

D. Manfaat Penelitian
1) Bagi Peneliti
Menambah pengalaman dan wawasan dalam mengetahui penggunaan media dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran.
2) Bagi Lembaga
Untuk mengetahui dan meneliti kemampuan mahasiswa dalm menerapakan ijmu dan teori yang didapat dibangku kuliah serta sebagai bahan referensi bagi penelitian sejenis pada masa yang akan datang.
3) Bagi Siswa
Agar siswa lebih mudah dalam menerima materi dan memahami yang disampaikan oleh guru, serta lebih mudah dalam memahami konsep pembelajaran bahaasa arab dengan mengunakan media gambar, agar siswa lebih cepat menangkap pelajaran yang disampaikan oleh guru.
4) Bagi Guru
Agar guru lebih mudah menyampaikan materi secara logis, praktis, sistematis serta efektif dan efisien dalm mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.
E. Hipotesis Penelitian
Dengan penggunaan media gambar representasi dalam pelajaran bahasa arab dapat memudahkan bagi siswa untuk memahami materi yang telah disampaikan

DOWNLOAD SELENGKAPNYA DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar