BAGAIMANA MASA DEPAN ISLAM DIMASA MENDATANG?

Selasa, 27 Maret 2012

PTK demontrasi 1

BAB I
PENDAHULUAN

A. Pendahuluan
Bahasa adalah merupakan alat yang sangat berfanfaat bagi semua manusia. Fungsi umum bahasa adalah sebagai alat komunikasi sosial. Di dalam masyarakat ada komunikasi atau saling hubungan antar anggota. Untuk keperluan itu diperlukan wahan yang dinamakan bahasa. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa terdapat banyak bahasa yang digunakan dalam kehidupan di dunia ini. Setiap bahasa mempunyai keistimewaan dan ciri khas masing-masing.
Bahasa arab sebagai salah satu bahasa digunakan sebagai alat komunikasi sosial, mempunyai keistimewaan yang khusus diantara bahasa-bahasa yang lain. Doktor Muhammad Ali al- Khouli dalam kitabnya Asalib al-lughoh al-Arobiyyah menyebutkan bahwa bahasa arab mempunyai.tempat khusus diantara bahasa-bahasa yang lain. Keistimewaan tersebut adalah:
1. Bahasa al-Qur’an al-Karim
2. Bahasa Sholat(bahasa yang digunakan dalam melaksanakan ibadah sholat)
3. Bahasa Hadist rasul SAW
4. Sebagai bahasa resmi perekonomian wilayah arab
5. Bahasa yang digunakan oleh banyak orang sebagai alat kominikasi sosial.
Indonesia sebagai negara berkenbang, mempunyai satu bahasa yang digunakan untuk melaksanakan komunikasi setiap hari. Bahasa tersebut adalah bahasa indonesia yang telah lama diresmikan. Meski demikian Indonesia tidak menutup adanya bahasa lain yang masuk dan dipelajari dilembaga pendidikan formal. Diantaranya adalah bahasa arab, bahasa inggris, bahasa jerman dan bahasa yang lain. Hal iini bisa memberi wawasan yang luas tentang peradaban negara lain atau sebagai pengetahuan yang bermanfaat. Bahasa arab diajarkan atau masuk sebagai kurikulum sekolah pada tingkat sekolah dasar (MI atau Madrasah Ibtidaiyah) yang selanjutnya diteruskan pada tingkat pertama dan tingkat menengah. Meskipun bahasa arab ini telah diajarkan sejak dini, tetapi hasil dari pembelajaran tersebut belum bisa maksimal dengan hasil yang sangat memuaskan. Beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab masih terus dicoba dan dirancang dengan sedemikian bagusnya untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. Untuk memecahkan masalah pembelajaran demikian, perlu dilakukan beberapa upaya, antara lain berupa penerapan strategi pembelajaran atau penggunaan metode pembelajaran yang mampu mengoptimalkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran secara menyeluruh.
Drs. H. Abu Ahmadi dan Drs. Joko Tri Prasetya dalam bukunya SBM “srtategi belejar mengajar”, menyebut bahwa metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang digunakan oleh seorang guru atau instruktur. Macam-macam metode mengajar adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode resitasi, metode demonstrasi dan eksperimen, metode kerja kelompok, metode sosio drama dan bermain peran, metode karya wisata,metode belajar beregu dan metode proyek. Sedangkan dalam pembelajaran bahasa arab materi yang diajarkan adalah mencakup empat maharah, yaitu:
1. Maharah Kalam (Kalam artinya berbicara, maksudnya adalah praktek berbicara dalam bahasa arab )
2. Maharah Qira’ah (Qira’ah artinya membaca, yaitu membaca teks, jumlah atau bacaan bahasa arab yang bisa menunjang keterampilan dalam membaca bahasa arab. Maharah Qira’ah berkaitan dengan maharah Kitabah)
3. Maharah Istima’ (Istima’ berarti mendengarkan, artinya latihan mendengar bahasa arab melalui pidato, kaset bahasa arab atau melalui alat yang lain yang selanjutnya ditulis ulang atau diringkas. Hal ini melatih alat pendengaran siswa)
4. Maharah Kitabah (Kitabah artinya menulis, maksudnya adalah latihan untuk menulis bahasa arab atau latihan mengarang dalam bahasa arab)


download selengkapnya DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar